Sedang Ingin Melakukan Perjalanan…

Minnesota

Mengunjungi Mall of America, Minneapolis, rame-rame 6 mobil bersama teman-teman Ames.

Saya sedang ingin bepergian ke kota lain. Selain beberapa kali naik motor bersama seorang teman ke obyek wisata Bandungan (sekitar 25 km dari Salatiga) serta memberi pelatihan di sebuah lembaga kursus di Magelang (sekitar 50 km dari Salatiga),  saya tak pernah lagi pergi dan menginap beberapa hari ke kota lain.

Saya kangen menjadi orang asing di terminal bis. Saya kangen bersendiri duduk di sudut bandara. Saya kangen mengamati kota demi kota dari jendela kereta api.

Tak seperti beberapa teman yang tampaknya memilih kota-kota yang dikenal sebagai tempat tujuan wisata, saya memilih kota-kota yang saya kunjungi berdasarkan ada tidaknya teman di kota-kota tersebut. Atau, saya akan pergi ke kota tertentu karena ada kegiatan yang harus/ingin saya lakukan dan biasanya itu adalah kegiatan yang berhubungan dengan profesi saya atau dengan minat saya.

 

Misalnya, saya memang pernah pergi ke Singapura, tapi itu lebih karena saya harus menghadiri konferensi di sana dan bertemu seorang teman sesama penerima beasiswa dulu. Bukan karena Singapura itu adalah tempat tujuan favorit wisatawan. Makanya kalau ditanya apakah saya mengunjungi Pulau Sentosa, menilik hewan-hewan di Night Zoo, atau berbelanja ke Orchard Road, terus terang saya tidak melakukannya di Singapura. Yang saya lakukan adalah mengikuti sesi konferensi di RELC hotel, ke Mustafa Market membeli oleh-oleh untuk orang rumah, dan makan siang bersama teman saya Rita dan keluarganya di sebuah pujasera makanan laut yang saya pun sudah tak ingat lagi apa namanya.

Atau saya pernah juga pergi ke Bogor. Alih-alih karena ingin mengunjungi kebun raya atau museum zoologi, saya pergi ke kota sejuk ini karena ingin menonton acara Jazz Poem Bogor, yang kebetulan panitianya adalah teman saya. Selain karena saya suka puisi dan musik jazz, seru sekali rasanya mengunjungi dan mengobrol dengan teman saya Mbak Tami dan Mas Adi suaminya.

Selain merancang di mana saya akan menginap dan moda transportasi yang akan saya naiki, menghubungi beberapa teman di kota yang akan saya kunjungi adalah kegiatan yang selalu saya lakukan sebelum menjalani sebuah perjalanan. Sebagian orang mungkin akan merancang kunjungan ke tempat-tempat wisata di kota itu, tapi buat saya yang lebih asyik adalah merancang pertemuan dengan teman-teman di kota itu. Apalagi kalau kami sudah lama tak bertemu. Kalau pun kemudian saya pergi mengunjungi tempat-tempat wisata di kota itu, biasanya itu saya lakukan tidak sendirian, tetapi bersama teman-teman yang tinggal di kota itu.

Buat saya, perjalanan adalah soal menikmati kota itu dengan teman, sehingga solo traveling tidaklah terlalu menarik. Kalau beberapa orang “berambisi” untuk mengunjungi tempat-tempat wisata eksotis tertentu, ambisi saya adalah mengunjungi teman-teman di kota-kota mana pun, tak perduli kota itu adalah kota tujuan wisata atau tidak. Makanya daftar kota yang saya kunjungi kebanyakan bukan kota untuk berwisata, bahkan ada kota-kota yang cenderung dihindari banyak orang.

Kota mana saja yang pernah saya kunjungi? Nih: Jakarta, Bogor, Cirebon,  Jogja, Solo, Semarang, Jogja, Malang, Sanur, Kupang, SoE, Batam, Makassar, Fukuoka, Ho Chi Minh City, Hanoi, Hongkong, Singapura, Chicago, Des Moines, Minneapolis, Omaha, Miami, Kansas City, San Antonio. Kota selanjutnya yang saya ingin kunjungi? Entahlah. Mungkin Bandung, Pekanbaru, Medan, Manado, Jayapura, Purwokerto, Timor Leste, Ames, Kent, San Antonio, Chile, Brazil, Canberra, Perth, St. Petersburg. Di semua kota itu saya punya teman-teman dekat yang ingin saya kunjungi karena sudah lama tak bersua dan mengobrol tatap muka.

Jadi kamu sedang ingin melakukan perjalanan ke kota mana? Maukah kamu saya kunjungi?

Advertisements

4 comments

    1. Iya, di Lampung ada om saya. Di Kalimantan saya nggak ada teman, tapi pengen sekali ke Kalimantan dan Sumatra karena belum pernah sama sekali. Kalsel? Hayuklah, Om! Tapi nunggu kesempatan ambil data dulu supaya bisa balik ke negara asal. Yang penting sudah ada teman di tempat itu, saya siap!

      Like

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s