Easy, Worry-Free Life with @GoodLifeBCA

photo_2016-09-05_08-48-09

#MyBCAexperience @GoodLifeBCA #InovasiBCA

Saya suka belanja online. Selain karena saya suka teknologi (makanya bidang penelitian saya adalah teknologi pendidikan), saya paling tidak bisa memilih (Libra orangnya memang gitu!) jadi kalau belanja apalagi yang elektronik gitu suka ragu dan galau menentukan pilihan. Walhasil saya suka sekali belanja online karena bisa riset dulu ke sana ke mari, baca review ini itu, sebelum akhirnya menentukan akan membeli merek dan tipe tertentu.

Selain faktor penyuka teknologi dan peragu, saya juga pemalas. Malas ribet muter-muter ke beberapa toko hanya untuk membanding-bandingkan. Males diikuti pelayan toko yang niatnya membantu pelanggan tapi berasa kayak dikuntit agen rahasia atau dianggap orang yang mau ngutil barang dagangan. Males keluar rumah, naik motor, jalan ke toko sana sini, lalu kontemplasi 30 menit sampai sejam, konsultasi temam belanja sampai hampir berantem, sebelum membayar lalu balik naik motor ke rumah dengan perasaan masih ragu-ragu dengan barang yang dibeli karena merasa riset kurang.

Iya. Belanja langsung tatap muka itu ribet. 

Makanya ketika BCA menawarkan #InovasiBCA lewat layanan internet banking KlikBCA, saya langsung antusias ngibrit ke kantor cabangnya di Salatiga untuk mendaftar. Saya pun tidak ingat kapan menjadi nasabah BCA. Yang ingat malah saya adalah salah satu pengguna pertama layanan electronic banking-nya karena dapat KeyBCA-nya pun masih gratisan sebagai 100 pengguna pertama di Salatiga. Menurut Google, layanan keyBCA itu diluncurkan tahun 2002. Wow, 14 years ago!  #MyBCAexperience really starts that early!

Di jaman itu pun layanan shopping online baru sedikit. Paling-paling glodokshop.com (masih ada nggak ya situsnya?) dan gramedia. Karena BCA adalah bank yang pertama menawarkan layanan internet banking, semua gerai shopping online cuma menawarkan cara pembayaran transfer atau internet banking lewat BCA. Sekarang lebih nyaman lagi karena pilihan KlikBCA akan ada di hampir semua olshop. Saya hampir tidak pernah lagi membeli barang elektronik secara tatap muka, karena dengan belanja online, saya punya semua waktu dan kenyamanan belanja di rumah. Tinggal riset barang yang dimaui, pesan di toko online, bayar pakai KlikBCA, dan ongkang-ongkang kaki di rumah menunggu kiriman barang. Beberapa toko bahkan sering punya promo untuk pemilik rekening BCA. Saya bisa hemat sampai beberapa ratus ribu karenanya, ketimbang beli langsung yang kadang-kadang jatuhnya lebih mahal karena saya tinggal di kota kecil yang pasti ada tambahan ongkos kirim.

Selain malas beli barang elektronik secara langsung, saya juga malas beli pulsa di warung-warung. Saya khawatir nomor saya yang ditulis di buku pembelian itu disalahgunakan untuk dikirimi sms promosi yang gak jelas. Pernah kan mengalami kiriman sms yang model mama minta pulsa atau jual obat kuat? Setelah membeli pulsa online lewat KlikBCA, kiriman sms aneh-aneh berkurang luar biasa sampai paling satu atau dua saja tiap minggu, itu pun dari penyedia layanan telepon seluler. Bahkan bisa membantu teman yang sedang kepepet butuh pulsa tapi tidak bisa ke ATM. Entah berapa kali di tengah rapat yang penting teman-teman menatap saya dengan tatapan memohon sambil menunjuk ke hapenya. Kode keras minta dibelikan pulsa lewat KlikBCA! 🙂

Yang lebih enak juga adalah kalau perlu transfer uang, saya akan bisa langsung melakukannya. Di mana pun. Kapan pun. Ke bank apa pun. Yang paling membantu adalah ketika berada di luar negeri dan keluarga/teman butuh segera dana. Saya tinggal membuka website klikbca, mengatur transfer, memasukkan kode di keyBCA yang selalu saya bawa ke mana-mana, dan dalam waktu kurang dari 5 menit, dana sudah tersedia. Jadi nggak was-was lagi meninggalkan anak di rumah, karena kakek neneknya punya rekening BCA. Bahkan ketika tinggal di Melbourne, saya tinggal mengatur transfer otomatis setiap bulan pada tanggal tertentu untuk memenuhi kebutuhan keluarga di Indonesia. Nggak ribet, nggak khawatir!

Bulan ini saya akan pergi sekolah lagi ke luar negeri. Tentu akan meninggalkan keluarga untuk jangka waktu beberapa tahun. Ada pula beberapa kewajiban keuangan yang tetap harus diurus setiap bulannya. Belum lagi ada saran untuk tidak membawa mata uang negara itu dalam jumlah banyak karena rawan kejahatan. Di soal-soal ini saya bisa tetap tenang karena saya punya KlikBCA. Urusan keuangan saya sudah beres karena di mana pun dan kapan pun saya membutuhkan transaksi keuangan, selama keyBCA di tangan dan koneksi Internet lancar, saya punya solusinya.

Kamu sudah punya KlikBCA? Saya sudah, dan hidup jadi lebih mudah tanpa was-was!

——–

Ini adalah posting saya untuk berpartisipasi dalam “My BCA Experience” Blog Competition

2 comments

Share your thoughts!

