Rahmat Dalam Seikat Ketupat

hantaranlebaran.jpgSejak pindah ke kompleks perumahan dosen dua tahun yang lalu, saya mempunyai kebiasaan baru setiap hari raya Idulfitri: mengantar ketupat, opor ayam, dan sambal goreng ke beberapa tetangga terdekat sepulang dari sholat Ied.

Bermukim di perumahan dosen universitas Kristen, tentu kebiasaan lama saya di kampung Renteng, Salatiga, tak lagi berlaku. Di kampung lama, saya tak perlu mengantarkan makanan ke tetangga-tetangga, karena setiap rumah yang merayakan lebaran (dan di setiap gang, praktis 80% merayakan) pasti sudah punya stok ketupat, opor ayam, dan sambal goreng yang berlebihan. Tetangga yang tidak merayakan pun akan mengunjungi tetangga yang merayakan dan tentu akan merasakan segala makanan khas lebaran itu.

Di kompleks ini, suasana sunyi senyap seperti hari-hari biasa. Beberapa tetangga memanfaatkan masa libur panjang untuk beristirahat di rumah. Rumah kami adalah satu-satunya yang merayakan lebaran dan hari ini rumah kami terbuka lebar untuk tamu. Tapi saya selalu memastikan bahwa para tetangga terdekat yang duluan mendapatkan segala makanan khas lebaran karena kalau siang sedikit pasti masakan tak lagi hangat nikmat untuk disantap dan kemungkinan besar sudah habis diganyang tamu-tamu saya yang sebagian besar adalah mahasiswa saya yang sistem pencernaannya aduhai ganasnya 🙂

Kalau Islam itu agama rahmatan lil ‘alamin, alias agama yang merupakan rahmat kasih sayang Tuhan kepada seluruh umat manusia, biarlah para tetangga saya merasakan rahmat kasih sayang Tuhan itu dalam bentuk makanan khas lebaran. Saya bahagia melihat senyum cerah mereka menerima hantaran di pagi ini, secerah senyum beberapa umat Gereja Kristen Jawa Diponegoro 55 yang pagi ini membantu mengatur kelancaran lalu lintas bagi umat Islam Masjid Kauman yang selesai sholat Ied.

Saling  berkasih sayang itu indah sekali. (Dan tentu jauh lebih indah dari meledakkan bom bunuh diri di bulan Ramadhan, bukan?)

 

Advertisements

2 comments

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s