Curhat Seorang Pembelajar Script Amatiran

scriptingDemi membuat script yang sangat sederhana ini yang fungsinya untuk secara otomatis memberikan notifikasi email bagi peserta konferensi yang sudah mendaftar melalui Google Form yang kemudian dicatat di Google Spreadsheet ini, saya harus belajar seharian penuh secara otodidak dengan mencari solusinya lewat Google dan membaca semua laman yang relevan soal scripting.

Sudah 4 jam saya berusaha mempelajari bagaimana menulis script yang bisa menampilkan harga dan menjumlahkan harga-harga itu secara otomatis di Google Spreadsheet lalu memasukkan total harga sebagai informasi dalam email. Dan belum ketemu juga caranya. Frustrasi!

Saya suka belajar aplikasi komputer segala rupa. Bisa berjam-jam penasaran kalau belum berhasil mengeksekusinya (tadi tidur siang sampai mimpi isinya melihat segala script dan kode). Lebih sering secara otodidak, dengan cara mencoba aplikasinya, membaca bagian help-nya, membaca semua informasi penggunaannya di segala laman. Tapi kali ini tampaknya seperti menumbuk tembok tebal.

Moral of the story: Teknologi bisa membuat pembelajar memiliki otonomi dan kemandirian dalam proses belajar, tapi bimbingan dan diskusi dengan guru atau sesama pembelajar secara tatap muka itu tetap diperlukan.

Demikianlah.

Advertisements

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s