Si Ekstrovert vs. Si Introvert di Media Sosial

Saya rasa saya cuma manusia biasa dengan berbagai ekspresi. Yang membedakan adalah saya itu sejenis manusia yang penuh ekspresi dan entah kenapa sebenarnya sangat jujur tentang perasaan saya. Istilah kata, saya itu laiknya buku yang terbuka. Kalau saya marah, Anda akan sangat bisa melihat ekspresi kemarahan itu di wajah saya. Kalau saya senang, saya tidak segan berbagi dengan siapa pun soal kegembiraan saya.

Image

Gambar diambil dari http://vyanks.blogspot.com

Keberadaan media sosial seperti Facebook dan Twitter, membuat keterbukaan itu menjadi sesuatu yang tertuliskan dan semakin mengemuka. Sangat mudah untuk saya mengekpresikan segala macam perasaan di media sosial. Hingga pada satu titik, seorang teman memprotes dan mengkritik tindakan saya berbuka-bukaan di media sosial. Menurut dia, tidak perlu semua hal hingga yang kecil-kecil dibagikan kepada semua orang. Tetap harus ada hal-hal pribadi yang sebaiknya disimpan sendiri. Ada benarnya juga sih pendapatnya itu.

Tapi permasalahannya adalah, teman saya itu memang jenis orang yang introvert, yang memang lebih memilih bergumul dengan perasaan dan pikirannya sendiri. Jenis orang yang tertutup dan susah percaya pada orang. Sementara itu, seorang teman yang lain yang juga seorang psikolog mengatakan kepada saya bahwa orang-orang ekstrovert macam saya memang mencari kekuatan dari orang-orang di sekitarnya ketika mengalami perasaan atau mempunyai pikiran tertentu.

Jadi bingung, mesti bagaimana ya? Bagaimana menurut Anda, sampai sejauh mana harus berbuka-bukaan di media sosial?

One comment

Share your thoughts!

