2011: Tahun Perubahan

Ya, ya, moga-moga tulisan saya ini tidak klise untuk ditampilkan di hari ini, hari pertama di tahun 2012 karena pasti banyak sekali yang menulis tentang refleksi tahun baru dan resolusi untuk tahun 2012. Yang jelas, tulisan ini akan jadi tulisan yang cukup narsis karena jelas tulisan ini tentang akan diri saya sendiri. Kalau Anda perduli, silakan diteruskan membacanya. Kalau tidak, selamat tahun baru dan terima kasih telah “secara tidak sengaja” mengunjungi blog saya.

Tahun 2011 buat saya adalah tahun yang penuh perubahan. Bisa dibilang perubahan besar-besaran dalam sejarah hidup saya, dalam soal karir maupun hubungan pribadi, yang menyenangkan dan tidak menyenangkan.

Dalam soal karir, saya bahagia karena akhirnya mendapatkan pekerjaan tambahan untuk ikut mendampingi mahasiswa-mahasiswa saya bertumbuh dalam lembaga kemahasiswaan. Bekerja dengan orang-orang muda selalu menyenangkan dan memuaskan saya karena saya ikut menyumbangkan sesuatu dalam perkembangan pribadi mereka. Masih dalam soal karir, akhirnya saya memulai proses untuk bersekolah lagi dan memuaskan hasrat kehausan saya akan ilmu. Meskipun bersekolah lagi adalah juga tuntutan karir saya sebagai dosen, namun tidak semata-mata begitu. Saya selalu suka menjadi siswa lagi dan belajar lagi. Rasanya kehausan akan ilmu tak ada berhentinya!

Belajar lagi membuat saya berpindah ke kota baru yang jauh lebih besar dan metropolitan. Buat seorang perempuan yang selama ini selalu tinggal di kota-kota kecil, perpindahan ke kota besar tidak begitu menyenangkan buat saya. Dengan besaran kota yang berpenduduk lima jutaan, semestinya sosialisasi akan menjadi lebih intens dengan kuantitas yang lebih banyak. Namun yang terjadi malah kebalikannya, di kota yang baru ini saya malah terisolasi, dengan lingkungan pergaulan yang begitu-begitu saja. Mungkin ini harus jadi resolusi saya di tahun 2012, yaitu lebih membuka diri terhadap pertemanan baru dan pergaulan baru.

Di dalam hal pribadi, saya memutuskan akhirnya untuk mengakhiri hubungan saya dengan seseorang yang sudah berlangsung 12 tahun. Ini bukan keputusan yang mudah dan tiba-tiba buat saya. Bahkan sudah bertahun-tahun saya memikirkan dan menimbang-nimbang. Namun pada akhirnya hubungan itu harus diakhiri. Menyedihkan tapi sekaligus melegakan.  Prosesnya bisa dibilang penuh onak dan duri dan masih belum tuntas sepenuhnya. Tapi setidaknya saya bisa dengan lega memulai tahun 2012 sebagai seorang pribadi yang sepenuhnya mandiri dan menjadi diri sendiri.

Apa yang akan terjadi di tahun 2012, saya masih belum tahu. Saya punya beberapa target yang saya sudah saya tetapkan, misalnya menyelesaikan proses sekolah setidaknya sampai memperoleh data, menyelesaikan proses perpisahan ini dan memulai hidup dengan buah hati saya. Mudah-mudahan target-target saya itu bisa terlaksana.

Tadi ketika saya bangun, WordPress mengirimkan laporan tahunan mengenai blog ini kepada saya. Tampaknya menarik juga untuk saya bagikan kepada Anda. Selamat membaca!

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2011 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

A San Francisco cable car holds 60 people. This blog was viewed about 3,500 times in 2011. If it were a cable car, it would take about 58 trips to carry that many people.

Click here to see the complete report.

Advertisements

Share your thoughts!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s