Internet wus wus wus? Mau?

Hidup di negara yang koneksi Internetnya wus wus wus memang menyenangkan! Bayangkan saja Anda bisa mengunduh lagu sebesar 6 Mb dalam waktu 15 detik saja! Menyenangkan bukan?

Koneksi Internet saya saat ini memakai koneksi ADSL 2+ yang disediakan oleh TPG Internet Pty. Ltd dengan harga langganan bulanan sebesar $80 dan koneksi tak terbatas alias unlimited. Menurut forum ini, kecepatan unggah+unduh untuk koneksi ADSL 2+ bisa sampai 24 Mbps. Wow sekali bukan? Barusan saya iseng-iseng mencoba mengetes koneksi saya memakai laman speedtest dan hasilnya adalah di bawah ini:

*yang di Indonesia boleh ngeces-ngeces 😛 *

Punya koneksi Internet wus wus ada senangnya tapi ada juga tidak senangnya. Senang karena bisa mengunduh semua hal yang saya suka, dari mulai permainan, buku, film dalam tempo waktu yang tidak begitu lama. Mau menonton video di Youtube, tidak perlu sebel karena menonton ter-“bata-bata” lantaran koneksi yang putus-putus. Berbicara dengan teman di berbagai negara jadi lebih menyenangkan karena bisa langsung melihat si teman lewat video call. Main game online jadi lebih menyenangkan juga karena tidak perlu menunggu loading game yang lama. Mencari referensi buku atau artikel di jurnal daring juga sangat mudah dan cepat karena saya tidak perlu menunggu lama untuk mengakses database yang berat-berat atau untuk membuka tampilan sebuah buku di google books.

Yang tidak senang adalah, well, kesalahan saya sendiri sih. Saking asyiknya menonton video-video di youtube atau main game, saya bisa lupa diri, lupa waktu, lupa mandi, dan lebih penting lagi lupa kerja! Alhasil setiap malam ketika sudah capek sekali, saya jadi menyesal karena saya capek tapi tidak produktif. 

Saya jadi kangen Indonesia dan koneksi Internetnya yang “bebek”, karena dengan koneksi yang tidak aduhai itu saya jadi bisa memilah-milah mana buku, game, atau program yang benar-benar saya butuh. Kontrol dan seleksi begini penting dalam ber-Internet karena tanpa kontrol dan seleksi, bisa-bisa kita kebablasan dalam ber-Internet atau malah mengalami information overload seperti yang saya alami beberapa saat yang lalu. Koneksi Internet yang wus wus boleh jadi tidak selalu menjadi kenikmatan yang bermanfaat, tetapi jadi godaan setan yang pada akhirnya membuat kita kehilangan orientasi akan prioritas.

5 comments

  1. It’s so you bu Nen. True gamers and gadget-ers… but still can view the goodness and badness of internet wus wus wus.. hahaha

    apalagi udah pny Hard disk portable.. pasti lama2 ga cukup tu hard disk.. download terus sih.. hehe…

    Like

    1. Iya nih, Diyah, hari ini udah donlot segala film vampire dan nonton youtube segala conspiracy theory. Baru nyadar udah jam 7 malem dan tidak bikin apa-apa! OMG *ngibrit ke chapter 1. NOT*

      Like

  2. I can feel you, nak. Nice speed connection can be so addictive. I’ve downloaded plenty of e-books and film but alas…never really have time to enjoy all of them. he..he..he..

    Like

Share your thoughts!

