Kebingungan Tuhan

Saya sedang terbingung-bingung pada Tuhan. Tidakkah Anda pernah merasakan apa yang saya alami sekarang? Satu saat Tuhan rasanya memberi rejeki, anugerah, bantuan, atau apalah namanya. Eh, beberapa saat kemudian kok rasanya saya diberi kemalangan yang bertubi-tubi.

Tapi, pikir punya pikir, saya dulu juga pernah mengalami bahwa rejeki itu belum tentu bermanfaat. Kadang yang namanya rejeki itu adalah ujian tersembunyi dari Tuhan. Dan kemalangan juga belum tentu adalah sesuatu yang buruk, karena kadang-kadang malah kemalangan itu justru berakhir menjadi keberuntungan!

Sehabis membaca The Alchemist karya Paulo Coelho, saya belajar bahwa saya perlu menjadi peka akan tanda-tanda yang disebarkan Tuhan di sekitar saya. Tampaknya saya masih tergagap-gagap dalam menafsirkan tanda-tanda Tuhan itu. Saya masih perlu belajar untuk berkontemplasi dan menajamkan mata hati saya terhadap tanda-tanda itu.

Satu lagi. Saya merasa malang luar biasa hari-hari ini. Saya mengalami beberapa kehilangan yang cukup parah karena kecerobohan saya. Saya mengalami kesulitan-kesulitan yang membuat hidup saya menjadi tak nyaman. Saya merasakan ketakutan yang amat sangat menghadapi hari-hari mendatang karena ada banyak hal yang saya mungkin tak bisa penuhi. Tapi…bukankah pelangi biasanya muncul setelah hujan yang maha lebat? Jadi ingat kata-kata ayah saya dulu setiap kali saya merasa bodoh luar biasa dalam belajar untuk menghadapi tes di esok hari, “Belum tentu tesnya sesulit yang kamu kira.” Dan anehnya, kalau saya merasa disulit-sulitkan begitu, biasanya hasilnya malah lebih cemerlang daripada kalau saya merasa nyaman dan tenang.

Yah, ini mungkin ujian, bukan kemalangan, atau kesenangan. It’s simply a test.

Moga-moga saya diberi keikhlasan untuk menjalani semua ujian dan lulus dengan predikat memuaskan. Amin.

Share your thoughts!

