Komoditas Hari Ini?

Pagi ini, hari Minggu, saya bangun dan langsung mengecek akun facebook saya. Saya tampaknya sudah agak-agak mencandu laman jejaring sosial ini. Seperti biasa juga, halaman pertama menunjukkan status termutakhir dari orang-orang di jaringan sosial saya dan saya mendapati fenomena yang menarik: hampir semua status bersifat religius, bahkan dari orang-orang yang saya kira dalam hari-hari yang lain tidak terlalu hirau dengan hal-hal rohaniah. Kesannya jadi sangat kodi-an. Macam segala hal yang bersifat rohaniah menjadi komoditas yang sangat murah hari ini.

Mohon maaf, kalau pernyataan saya di atas menohok beberapa teman beragama tertentu, tapi fenomena ini juga tidak hanya di hari Minggu saja. Di hari-hari ini yang notabene adalah hari-hari bulan puasa, atau hari Jumat juga kadang-kadang, juga memunculkan ‘naluri rohaniah’ beberapa teman.

Tidak ada yang salah saya rasa untuk bernaluri rohaniah dan sejenak meluangkan waktu untuk merefleksi diri dari sudut pandang religius. Tapi masak hanya untuk hari-hari tertentu saja? Hari-hari yang lain bagaimana?

 

Share your thoughts!

