Saya suka ‘hantu-hantu’ masa lalu saya. Mereka suka tiba-tiba muncul tanpa diduga. Terkadang mereka membuat saya tersenyum. Tapi tak urung mereka juga bisa membuat saya harus menelan pil pahit.

Beberapa hari yang lalu salah satu ‘hantu’ saya muncul. Ia membuat saya mengingat hari-hari di masa lalu saya yang dulu-dulu sekali dan saya bahkan sempat memainkan beberapa skenario yang mungkin akan terjadi di masa kini kalau hantu itu tetap ada dalam kehidupan saya. Jangan salah, saya tak pernah menyesal dengan pilihan skenario di masa lalu saya itu. Bahkan boleh dibilang itu adalah keputusan yang maha tepat dan berdaya guna luar biasa di masa-masa kemudian. Tapi dasar saya yang suka berandai-andai dan bermimpi-mimpi, saya sempat lho tersenyum-senyum bego membayangkan hasil dari skenario-skenario itu.

Ternyata ‘hantu-hantu’ masa lalu saya itu ada gunanya. Mereka membuat saya menyelusuri lagi jejak-jejak petualangan saya di masa lalu dan menilai hidup saya sejauh ini. Sungguh menarik bertemu lagi dengan ‘hantu’ yang ini, karena saya jadi sadar betapa hidup saya sungguh luar biasa menarik. Mungkin tak menarik buat Anda, tapi buat saya sungguh luar biasa mengasyikkan.

Bagaimana dengan Anda? Apa Anda pernah ketemu dengan ‘hantu-hantu’ masa lalu Anda?

Share your thoughts!

